Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasionalNewsSBDWisata

7 Wisata Terbaru Di Sumba, dan Lagi Hits yang Harus Kamu Kunjungi!!

200
×

7 Wisata Terbaru Di Sumba, dan Lagi Hits yang Harus Kamu Kunjungi!!

Sebarkan artikel ini

7 Wisata Terbaru Di Sumba, dan Lagi Hits yang Harus Kamu Kunjungi!!

PORTALSUMBA.COM, SUMBA – Tak banyak yang tahu kalau pesona yang dimiliki oleh Pulau Sumba mampu membuat kita lupa akan Bali dan Lombok. Ya, pulau misterius dan “liar” yang terletak di Nusa Tenggara Timur sebelah barat daya Flores ini memang menyajikan pesona alam yang indah, mempesona dan juga anti mainstream.

Tempat wisata di Sumba ini akan menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Pasalnya wisata Sumba menyimpan banyak keseruan dengan beragam tempat eksotis yang dapat di eksplore. Salah satunya melihat keberadaan pohon tengkorak di beberapa desa dimana kepala yang terpenggal dipajang dan dipertontonkan.

Meski terdengar sedikit menyeramkan, namun Sumba juga menyajikan hamparan padang rumput dan perbukitan batu kapur yang menawan dan memberi nuansa tersendiri. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai desa-desa tradisional yang dibangun di atas puncak bukit dan dilindungi oleh dinding batu bersejarah.

Baca juga:Majelis Hakim, Jatuhkan Vonis 17 Tahun Penjara: Terhadap Terdakwa Linda Pujiastuti!!

Meskipun lokasinya cukup jauh di bagian timur Indonesia, namun Sumba bisa menjadi tujuan wisata yang tepat buat kamu yang suka berburu tempat-tempat wisata yang masih alami. Sebagai rekomendasi, berikut 6 tempat wisata di Sumba terbaru dan lagi hits yang wajib kamu kunjungi!

Danau Weekuri menjadi buruan wisatawan selanjutnya saat berkunjung ke Sumba lantaran menawarkan pemandangan indah bak surga dunia. Danau Weekuri merupakan danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau, sehingga dinamakan dengan Weekuri dimana dalam bahasa Sumba berarti air percikan.

Warna air Danau Weekuri bening kehijauan sehingga membuat danau ini sangat indah. Tak hanya itu, danau satu ini juga dikelilingi oleh batuan cantik. Mulai dari batuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit. Selain itu ada juga batuan karang yang ditumbuhi oleh tumbuhan seperti kaktus.

Kedalaman Danau Weekuri berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter, tapi saat air sedang pasang bisa mencapai 5 m. Menariknya, pengunjung bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung saat berenang di danau ini.

Lokasi : Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:Buntut Pengusiran, Deklarator FKW Herman Tanjung: Pemprov Sumbar Sudah Keterlaluan!?

2. Ratenggaro, Buat kamu yang ingin merasakan kehidupan zaman dulu, maka kamu bisa berkunjung ke Desa Ratenggaro. Desa Ratenggaro merupakan sebuah desa adat yang bisa dikunjungi dan dijadikan objek wisata budaya yang wajib dikunjungi.

Berkunjung ke Desa Ratenggaro akan membuat kamu merasa seperti kembali ke zaman megalithikum. Hal ini dikarenakan pada saat berkunjung wisatawan bisa mendapati kuburan batu tua yang ada di area perkampungan.

Rumah adat yang berada di Desa Ratenggaro ini memiliki bentuk cukup menarik dimana terdapat menara menjulang setinggi 15 meter sebagai ciri khasnya. kemudian, atapnya terbuat dari jerami dengan ketinggian berdasar status sosial pemiliknya.

Warga Desa Ratenggaro ini masih memegang teguh dan melestarikan adat dan tradisi peninggalan leluhurnya terbukti dari masyarakatnya yang masih menganut tradisi Marapu sama seperti kampung-kampung lain di Kabupaten Sumba Barat Daya pada umumnya.

Keunggulan Desa Ratenggaro lainnya adalah letaknya yang berdekatan dengan Pantai Ratenggaro. Sehingga kamu akan disajikan dengan pemandangan menarik dari perpaduan eksotisnya laut dengan uniknya rumah adat setempat.

Warga di kampung adat Ratenggaro juga menawarkan jasa menunggang Sandelwood, kuda khas Sumba ketika ingin mengitari pesisir pantai, atau untuk mengelilingi rumah adat satu per satu dalam kampung tersebut.

Lokasi : Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:Pelajar Dairi, Akui Metode Gasing Ajarkan Belajar Matematika: dengan Cepat dan Gampang!!

3. Tak hanya Desa Ratenggaro, di Sumba, kamu juga bisa berkunjung ke Kampung Tarung yang akan membawamu kembali ke masa lalu. Bentuk rumah-rumah di kampung ini mirip dengan yang ada di Desa Ratenggaro. Rumah panggung dengan atap jerami yang sepenuhnya dibuat dari bahan alami, seperti bambu dan akar.

Rumah tradisional di kampung Tarung ini diberi nama Uma dimana lokasinya sangat menarik yakni di puncak bukit menghadap ke kota Waikabubak menghasilkan pemandangan lembah bukit serta kota Waikabubak yang menawan.

Rumah-rumah di Kampung Tarung juga tersusun rapi mengelilingi alun-alun desa. Tak hanya itu di Kampung ini kamu juga akan menjumpai makam megalitik, sebuah kuil Marapu, dan sebuah tiang di mana mereka dulu menggantung kepala musuh.

Lokasi : Wailiang, Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:Ikuti Program Tahfiz Quran, Warga Binaan Lapas Kalianda Jadi Pengahapal Al-Quran, 

4.Tempat wisata terpopuler di Sumba berikutnya adalah Air Terjun Tanggedu yang juga dikenal dengan sebutan The Twin Canyon Tanggedu. Air terjun ini memiliki bebatuan yang berlapis-lapis dan menyerupai ngarai sehingga memberikan panorama yang unik dan memanjakan mata. Wisata air terjun terbaik di Sumba ini memiliki dua sumber air yang berbeda yang menyebabkan warna air berbeda.

Letak Air Terjun Tanggedu bisa dibilang cukup tersembunyi lantaran cukup sulit untuk dijangkau, karena ada beberapa tebing karang yang perlu dilalui dengan rute naik turun serta berliku. Meski begitu setibanya di lokasi wisata semua lelahmu akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang masih alami, eksotis dan menakjubkan.

Lokasi : Ndapayami, Kanatang, Ndapayami, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:Kader partai Demokrat Lampung Selatan, Ikuti Tes Pisikometri

5. Tempat wisata terpopuler di Sumba yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Air Terjun Koalat yang terletak di Desa Maidang, Kecamatan Kambatta Mapambuhangu. Untuk mencapainya, kamu harus menenmpuh jarak kurang lebih 70 Km dari pusat kota Waingapu. Air Terjun Koalat memiliki ketinggian yang bisa dibilang cukup rendah dan ramah bagi pendaki pemula, meski begitu, aliran airnya cukup deras.

Menariknya terdapat formasi bebatuan yang unik disebabkan oleh aliran air sehingga menciptakan kolam-kolam air yang tenang layaknya jacuzzi alami yang bisa kamu manfaatkan untuk berendam dan bermain air. Tak hanya itu, kamu juga bisa berfoto selfie dengan panorama alam yang cantik nan indah sebagai latarnya. Pasalnya disekitar air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang dan cocok untuk dijadikan tempat berteduh.

Lokasi : Desa Maidang, kecamatan Kambatta Mapambuhangu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:TK Angkasa Lanud Rsn Meraih Nilai Terbaik Akreditasi PAUD dan PNF Tingkat Provinsi Riau

6. Air terjun di Sumba yang tak kalah indahnya dari wisata air terjun di lainnya adalah Air Terjun Kanabu Wai. Airnya mengalir keluar dari beberapa celah di hamparan dinding batu yang luas, dengan vegetasi tumbuh di antaranya. Bahkan dibeberapa spot, airnya akan terlihat seperti keluar dari celah semak-semak yang hijau. Tak hanya itu, di bagian bawah juga terdapat undakan batu yang menciptakan pemandangan yang sangat menawan.

Menariknya di sekitar tempat wisata ini ada juga beberapa kolam alami yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk berenang atau mungkin hanya bermain air. Namun karena masih sangat alami, air terjun ini sangat sulit untuk dijangkau sehingga hanya cocok untuk mereka yang benar-benar berjiwa petualang.

Lokasi : Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:Dugaan Tipikor Tak Jelas, Warga Desa Pancasila Minta Kejari Lamsel Tegakkan Supremasi Hukum!

7. Satu lagi wisata air terbaik di Sumba yang sayang jika dilewatkan adalah Air Terjun Waikelo Sawah. Waikelo Sawah merupakan air terjun terbesar di koya ini dimana dulunya adalah bendungan yang dirancang oleh Camat Lele Umbu Zogara untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik pada 1976. Namun seiring berjalannya waktu, bendungan ini menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi karena lebih mirip gua alami dengan aliran air yang jernih.

Bendungan ini memiliki bentuk yang besar dan menawarkan pesona alam unik. Stalaktit yang ada di langit-langit gua menambah keindahannya. kamu bisa berenang dan menikmati dinginnya air yang jernih dan mengalir dari mulut gua. Lokasi Air Terjun Waikelo Sawah yang berada di kaki bukit dengan dikelilingi pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk setempat, menjadikan suasana di Waikelo Sawah ini sangat teduh dan menyegarkan.

Lokasi : Waikelo Sawah, Tema Tana, Wewewa Tim., Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *