Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerahNews

Basarnas Lampung Silaturahmi Dengan Potensi Sar dan Gelar Simulasi Cssr

135
×

Basarnas Lampung Silaturahmi Dengan Potensi Sar dan Gelar Simulasi Cssr

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM, Natar-Lampung Selatan, Basarnas Lampung gelar acara silaturahmi dengan potensi SAR dan simulasi CSSR (Collapsed Structure Search and Rescue), bertempat di shelter Kantor Basarnas Lampung pada Kamis (31/08/2023).

Turut Hadir dalam pembukaan acara tersebut Danrem 043 Garuda Hitam yang diwakili oleh Dandenzibang 4/II Lampung Letkol Czi Janu Hendarto, Ketua FRRL (Forum Rescue Relawan Lampung) Aris Gibrant, Ketua RAPI Lampung Hj. Maryati, S.Sos., Kalaksana BPBD Way Kanan Hendri Syahri, Kalaksana BPBD Lampung Utara Nozi Efialis, Kalaksana BPBD Lampung Barat Padang Prio Utomo, Kalaksana BPBD Tulang Bawang Anthony, perwakilan pimpinan dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, BPBD Prov. Lampung, BPBD Bandar Lampung, BPBD Lampung Selatan, BPBD Tanggamus, BPBD Lampung Timur, BPBD Pringsewu, BPBD Pesawaran, BPBD Lampung Tengah, SAR Sahabat Ummat, Faji Lampung, Mapala Unila, Kwarcab Bandar Lampung, Kwarcab Lampung Selatan, MTA Lampung, PT. Gunung Madu, SAR Amanah, PT. Bukit Asam, PT Sinar Mas, BB 1 ℅ Chapter Lampung, Al Fatah Rescue Lampung, dan PKBI Lampung.

Acara silaturahmi ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. Dalam sambutannya Deden mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan. Beliau mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah kegiatan silaturahmi dalam rangka meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan tema “BERSATU UNTUK KESIAPSIAGAAN DAN PENYELAMATAN”.

“Tema ini adalah bukti komitmen kita semua untuk merapatkan barisan dalam menghadapi situasi kedaruratan dan membantu mereka yang membutuhkan, tak peduli seberapa sulit atau rumitnya tantangan yang kita hadapi.”, kata Deden.

Selain acara silaturahmi dan diskusi, Basarnas Lampung juga menampilkan simulasi penyelamatan pada bangunan runtuh atau dikenal dengan istilah CSSR (Collapsed Structure Search and Rescue). Dalam simulasi ini Rescuer Basarnas Lampung bergabung dengan beberapa potensi SAR yang terdiri dari Satbrimob dan ditsabhara polda lampung serta potensi sar yg tergabung dalam Forum Rescue Relawan Lampung.

Peralatan yang digunakan terdiri dari Rescue Truck Basarnas, Rantis Rescue Satbrimob Polda Lampung, K12, Door Opener, Search Cam dan peralatan urban SAR Lainnya.

“Kita sudah menyaksikam kegiatan simulasi penanganan korban di reruntuhan atau biasa kita sebut urban sar. Kita ingin menunjukkan kepada semua tamu undangan, bagaimana cara menangani korban di reruntuhan bangunan, peralatan yg di gunakan serta mekanisme atau SOP pelaksanaannya di lapangan.”, Tambah Deden.

“Alhamdulilah kegiatan berjalan dengan baik, soliditas dan sinergitas juga sudah berjalan dengan sangat baik, mudah-mudahan kedepannya kita gagas latihan bersama lagi dengan melibatkan semua stakeholder terkait dengan lebih baik lagi, harapannya agar kita semua dapat melaksanakan kesiapsiagaan dalam menghadapi kedaruratan khususnya di provinsi Lampung.” Tutup Deden.

Penulis: Ardiyanto

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *