Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNews

Bupati Lampung Selatan, Optimis Desa Bumidaya Menjadi Yang Terbaik

96
×

Bupati Lampung Selatan, Optimis Desa Bumidaya Menjadi Yang Terbaik

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM-PALAS LAMSEL-Tim Penilai Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung Dr.Zaidirina, M.Si., didampingi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengunjungi Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan. Senin (26/06/2023).

Kedatangan Tim Penilai Provinsi dalam rangka Penilaian Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 ini, disambut dengan Senam Lansia dan Tari Kesenian singa depok dan jaipong yang menunjukkan nilai kearifan lokal desa setempat. Bahkan, kehadiran rombongan pun mendapatkan antusias penuh dari seluruh masyarakat Desa Bumidaya.

Pantauan tim IWOI Lamsel di Lokasi, turut hadir dalam acara penilaian tersebut Sekdakab Thamrin S.Sos, M.M, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Forkopimda, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj.Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin, Camat Palas dan Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan, Pemerintah Desa serta masyarakat Desa Setempat.

Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung Dr.Zaidirina, M.Si. menyampaikan, kegiatan Lomba Desa dilakukan sebagai upaya untuk mengevaluasi tingkat perkembangan desa dan kelurahan, yang dilihat melalui tiga aspek, yaitu aspek pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan sesuai Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

“Instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai dan menentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan desa dan kelurahan. Kegiatan dan lomba ini dimaksudkan untuk melihat sekaligus mengevaluasi perkembangan desa dan kelurahan dari tiga aspek sesuai Permendagri,”ujarnya.

“Melalui kesempatan ini kami minta kepada Kepala Desa beserta perangkatnya agar dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai untuk menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa akan semakin berhasil guna dan berdaya guna untuk provinsi Lampung yang berjaya,” ungkapnya lebih lanjut.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangga atas usaha dan kerja keras dari berbagai pihak, dalam mempersiapkan penyambutan Tim penilai Klarifikasi Lapangan dalam rangka Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung tahun 2023.

“Alhamdulillah pada tahun ini Desa Bumidaya berkesempatan mewakili Kabupaten Lampung Selatan maju di tingkat provinsi. Desa Bumi Daya adalah salah satu Desa yang sarat dengan prestasi, baik Lokal, provinsi maupun Nasional. Prestasi terakhir adalah mendapat Juara I Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Lampung Selatan 2023.”ujarnya.

“Keberhasilan tersebut dapat dilihat pada tingkat perkembangan pendidikan masyarakat tingkat sesehatan masyarakat tingkat pertumbuhan Ekonomi tingkat Keamanan dan Ketertiban, tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, Kewilayahan serta kemasyarakatan, juga aktivitas Lembaga Kemasyarakatan serta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang berjalan baik,” ujar Nanang lebih lanjut.

H.Nanang Ermanto juga berharap, seluruh komponen keberhasilan yang kami sampaikan diatas akan menjadi indikator kuat bagi Tim Penilai untuk memberikan penilaian yang tinggi kepada Desa Bumi Daya sebagai wakil Kabupaten Lampung Selatan dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2023.

“Besar harapan kami kepada bapak-ibu Tim Penilai Lomba, untuk kiranya dapat mengambil keputusan yang objektif terkait penilaian sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada, Insya Allah Desa Bumi Daya Kecamatan Palas siap untuk dinilai, dan layak untuk menjadi juara Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.”harapnya.

Bupati Lampung Selatan optimis pada ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 ini, Desa Bumi Daya akan menjadi yang terbaik dari peserta Lomba Desa lainnya di Provinsi Lampung, dan dapat meraih juara pertama sehingga akan menjadi wakil Provinsi Lampung pada Lomba Desa Tingkat Nasional.”Kami Optimis bahwa Desa Bumidaya akan menjadi terbaik di Provinsi Lampung dan dapat menjadi perwakilan Provinsi Lampung di tingkat Nasional.”pungkas H.Nanang Ermanto.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *