Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasionalNewsSastra

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023, ini Syarat Terbarunya!

165
×

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023, ini Syarat Terbarunya!

Sebarkan artikel ini

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023, ini Syarat Terbarunya!

PORTALSUMBA.COM, kabar bahagia bagi rakyat Indonesia yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, Pemerintah Indonesia akan kembali membuka program Kartu Prakerja pada tahun 2023 ini, setelah terakhir menerima peserta pada Oktober 2022 lalu.

Baca juga:Kemkominfo RI Lampung Selatan, Berikan Donasi Buku Baca untuk anak Dusun kayu tuba

Melalui Instagram @prakerja.co.id, bagi yang ingin mendaftar bisa membuat akun terlebih dahulu, Segera daftar sekarang untuk kamu yang belum memiliki akun Kartu Prakerja!, tulisnya, seperti dilihat pada Kamis (17/2/2023).

Baca juga:Ngobral Cara Asyik Patroli Rutin di Pelabuhan Bakauheni

“Untuk kamu yang benar-benar ingin belajar, lakukan pendaftaran dari sekarang supaya kamu tinggal klik “Gabung Gelombang” saat Gelombang 48 dibuka untuk mengikuti seleksi ya Sob!,” sambungnya.

baca juga:Pasola Lamboya, Sinergitas TNI POLRI, Kodim 1613 Sumba barat, Dalam Pengamanan Pesta Adat

Adapun terdapat enam perubahan pada program Kartu Prakerja 2023 ini.

Pertama, program Kartu Prakerja tahun ini hanya akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja, Berbeda dengan tahun 2020-2022 lalu di mana Kartu Prakerja menjalankan misi ganda untuk peningkatan kompetensi angkatan kerja serta program semi-bansos.

Baca juga:Koramil 1613-03 Katikutana Melaksanakan RTLH, Program Praja Raksaka Peduli Rakyat Bantuan Pangdam IX Udayana

Selanjutnya, penerima bantuan sosial kini bisa mendaftar Kartu Prakerja, Ketiga, nilai manfaatnya menjadi lebih besar yakni total nilai manfaatnya sebesar Rp4,2 juta.

Baca juga:Tim Gabungan Basarnas Dan Satpolair, Evakuasi kapal Nelayan Pecah Di perairan Sertung Anak Krakatau

Rinciannya yakni untuk bantuan biaya pelatihan Rp3,5 juta, biaya pengganti transportasi dan Internet Rp600 ribu, serta insentif pengisian survei Rp100 ribu, Selain itu, Kartu Prakerja tahun ini juga memberikan opsi pelatihan luring, daring, maupun bauran, Pelatihan daring bisa diakses dari seluruh lokasi sedangkan pelatihan luring dan bauran hanya bisa diakses di 10 provinsi yakni:

  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur
  • Sulawesi Selatan
  • NTT
  • Bali
  • Papua
  • Kalimantan Barat
  • Sumatera Utara

Perubahan yang kelima, pelatihan daring tidak lagi hanya dengan menonton video melainkan melalui skema webinar secara langsung.

Baca juga:Sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila, dan wawasan kebangsaan Hai! Kamu yang terprovokasi, Harus paham ini!

Terakhir, standar minimal waktu pelatihan kini lebih panjang dari sebelumnya yakni enam jam, menjadi 15 jam.

Baca juga:Lima Pelaku TP Narkotika Digulung Satres Polsek Kandis.

Berikut syarat mendaftar Kartu Prakerja: Dinyatakan sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) secara sah melalui identitas diri berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Baca juga:Ketum IWO Indonesia NR.Icang Rahardian SH Hadiri Malam penganugrahan IWO I AWARD 2023 Di Kota Subang

Minimal berusia 18 tahun Tidak dalam belajar pada pendidikan formal, yaitu sekolah dan kuliah Dalam proses melamar kerja, karyawan terdampak PHK, ingin meningkatkan keahlian, buruh dirumahkan, buruh bukan penerima upah, termasuk pula UMKM

Baca juga:Pengukuhan Pinpinan Dekopinwil Provinsi Jawa Timur, Menjadi Era Baru Keterbukaan kebijakan Koperasi Jawa Timur

Bukan dari kelompok pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), Kepolisian, TNI, kepala desa dan termasuk perangkat, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD

Baca juga:Tradisi Pisah Sambut Gubernur Akademi Angkatan Laut, ini pesan selama menjabat?

Dibatasi untuk dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama Semebtara itu, cara daftar Kartu Prakerja 2023 meliputi:

Baca juga:Kabintalid Lanud Rsn, pentingnya Agama

Kunjungi portal https://dashboard.prakerja.go.id/daftar Daftarkan data diri yang terdiri dari alamat email, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK, foto KTP, dan nomor HP aktif.

Baca juga:Udah Tau Belum? Ini Alasan Mengapa Golongan Darah O Sebaiknya Hindari Makan Kol, Efek Sampingnya Gak Main-main!

Tekan alamat link verifikasi melalui email Masuk (login) menggunakan email Cara daftar Prakerja 2023 selanjutnya ialah mengikuti tes kemampuan dasar.

Baca juga:Teryata? Efek Buruk Makan Jagung Manis Sangat Berbahaya untuk kesehatan, Jangan Sepelekan, simak!!

Tunggu pembukaan gelombang, lalu klik ‘Gabung Gelombang’ Penyelenggara akan melaksanakan proses evaluasi dan pengumuman kelulusan

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *