Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
News

Cara manusia berinteraksi dengan orang lain, ini contoh dan penjelasannya

123
×

Cara manusia berinteraksi dengan orang lain, ini contoh dan penjelasannya

Sebarkan artikel ini

Cara manusia berinteraksi dengan orang lain, ini contoh dan penjelasanya

PORTALSUMBA.COM – Bagaimana cara manusia berinteraksi dengan orang lain atau masyarakat sekitarnya? Mari kita cari tahu dalam tulisan berikut ini.

Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial. Mulai dari lahir sampai meninggal dunia tentu akan melibatkan manusia lain pada setiap prosesnya.

Dari itu, kita dapat melihat bahwa interaksi sosial menjadi bagian penting bagi manusia. Interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok atau individu dengan kelompok.

Bagaimana Cara Manusia Berinteraksi?
Cara manusia berinteraksi adalah dengan komunikasi dan juga sering melakukan kontak sosial. Adapun, contoh interaksi sosial adalah menyapa dan mau mendengar.

Dari kegiatan tersebut, akan terbangunlah celah untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Jadi, jawaban bagaimana cara manusia berinteraksi adalah dengan berkomunikasi.

Ciri-ciri Interaksi Sosial
Ada empat ciri-ciri interaksi sosial. Pertama, terdapat lebih dari satu orang untuk berinteraksi. Kedua, terjadinya komunikasi antara pelaku menggunakan simbol-simbol. Baik lisan, tulisan maupun bahasa isyarat.

Ciri interaksi sosial ketiga, yakni adanya dimensi waktu. Maksudnya adalah seseorang dapat berinteraksi entah pada saat ini, lampau maupun masa yang akan datang.

Pada ciri keempat interaksi sosial ada yang tidak boleh ketinggalan yakni tujuan. Interaksi sosial di dalamnya harus terdapat tujuan-tujuan. Selain memiliki ciri-ciri, interaksi sosial juga memiliki syarat.

Misalnya, saja kontak sosial dan juga komunikasi. Kontak sosial dicontohkan seperti bertemunya antara komunikator dan komunikan. Sementara itu komunikasi yaitu proses penyampaian dan penerimaan pesan dari komunikator ke komunikan.

Pada proses komunikasi terdapat dua bentuk yakni verbal dan non verbal. Apabila Komunikasi verbal menggunakan lisan dan tulisan. Sedangkan non verbal menggunakan simbol-simbol, misalnya gestur tubuh dan bahasa isyarat.

Dilansir dari inews.id Sementara itu faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah imitasi, sugesti, identifikasi dan juga simpati.

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara manusia berinteraksi. Semoga bermanfaat ya!

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *