Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNews

Dinkes Lamsel Laksanakan Giat KIE Keamanan Pangan di Desa Bangun Rejo

85
×

Dinkes Lamsel Laksanakan Giat KIE Keamanan Pangan di Desa Bangun Rejo

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM, Bangun rejo lampung selatan,Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan menggelar giat Komunikasi, Informasi dan Edukasi ( KIE) Keamanan Pangan dan Obat.

Acara KIE tersebut di laksanakan di Balai Desa Bangun Rejo Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan, yang di hadiri Petugas Penyuluh Pangan Kabupaten Lampung Selatan Mawardi, S.Farm, dan tim Kesehatan Puskesmas Kecamatan Ketapang, Kepala Desa Bangun Rejo Rohgianto dan jajaran, serta elemen masyarakat setempat. Jum’at (16/06/2023)

Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan tiga cemaran, yaitu cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi. Pangan olahan yang diproduksi harus sesuai dengan cara pembuatan pangan olahan yang baik untuk menjamin mutu dan keamanannya. Selain itu pangan harus layak dikonsumsi yaitu tidak busuk, tidak menjijikkan, dan bermutu baik, serta bebas dari Cemaran Biologi, Kimia dan Cemaran Fisik.

Usai memberikan edukasi, kepada masyarakat yang hadir, Devi Arminanto,S.K.M.,M.M. Kepada Tim Ikatan Wartawan Online Indonesia ( IWOI ) Lamsel menjelaskan.

Baca juga:Ribuan Nyamuk yang Tak Lazim menyerang Pemukiman Desa Mandalasari kecamatan Sragi

“Kegiatan ini nama nya KIE ( Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Keamanan Pangan. Artinya bagaimana cara kita mengarahkan masyarakat agar bisa cara memproduksi makanan atau membuat makanan atau membeli makanan yang di kategorikan aman untuk di konsumsi. Ini program dari pusat, kita yang ada di daerah wajib menyampaikan informasi ini setiap tahunnya, dan bergantian tempat nya. Target kita masyarakat yang ada di Desa”. Pungkas Penyuluhan Pangan Lamsel Mawardi, S.Farm sebelum kembali ke Kalianda.

Kegiatan KIE tersebut di sambut baik oleh Rohgianto selaku Kepala Desa Bangun Rejo, sehingga di harapkan masyarakat nya akan tercerahkan terkait pangan yang bebas kimia atau penggunaan obat yang mengandung zat kimia atau telah habis ambang batas produksinya.

“Menurut saya kegiatan ini sangat bagus sekali, dengan adanya komunikasi dan Informasi pangan, karna kegiatan ini salah satu untuk mendapatkan ilmu untuk aparatur Desa, sehingga bisa menyampaikan kepada masyarakat lingkungan. Bahwa penggunaan obat yang baik seperti apa, contoh pemakaian obat yang sudah kadaluarsa, jangan di konsumsi jika sudah tau karna berbahaya untuk kesehatan. Demikian juga dengan pengguna bahan makanan jangan sampai terkena zat kimia, atau penambahan zat perwana, boraks dan lain sebagainya. Inti nya edukasi ini sangat luar biasa membantu memberikan pencerahan bagi kita aparatur Desa dan masyarakat”. Pungkas Kades Bangun Rejo Rohgianto.(timiwoilamsel)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *