Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNews

Diskusi Para Pegiat Literasi Lampung Di 15 Kabupaten Kota Se Provinsi Lampung

210
×

Diskusi Para Pegiat Literasi Lampung Di 15 Kabupaten Kota Se Provinsi Lampung

Sebarkan artikel ini

Diskusi Para Pegiat Literasi Lampung Di 15 Kabupaten Kota Se Provinsi Lampung

PORTALSUMBA.COM, Bandar Lampung 4 April 2023 Selasa, jam 05:47 WIBForum Relawan Literasi Lampung menggelar Diskusi Literasi di bulan Ramadhan 1444 H, Sabtu 1 April 2023Forum Relawan Literasi Lampung menggelar Diskusi Literasi di bulan Ramadhan 1444 H, Sabtu 1 April 2023.

Bulan Ramadhan bukan berarti bulan untuk bersantai. Forum Relawan Literasi Lampung, menjadikan Bulan Ramadhan 1444 H, sebagai bulan untuk mengevaluasi dan.merencanakan kegiatan Literasi di Provinsi Sai Bumi Rua Jurai, Lampung.

BACA JUGA:Bupati Nanang Ermanto Genjot Abis Progres Persiapan Jumbara ke- IX di Lamsel

Pada hari Sabtu, 1 April 2023, ketua FRLL Neng Eni Amaliah, mengundang pegiat literasi di Provinsi Lampung. Hadir dalam.kesempatan tersebut, pegiat Literasi yang tergabung dalam Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), dan relawan-relawan dari rumah baca, pojok baca, pustaka bergerak, penerbit dan lainnya.

Kesempatan tersebut juga digunakan untuk curah pendapat antar peserta. Bripda Harianto, penerima awards Polisi Pelayan Pelayan Masyarakat, Hoegang Award 2023, mengusulkan agar setiap rumah baca mempunyai AD/ART agar memiliki legalitas dan terdaftar di pemerintah. Gunawan Handoko, yang disapa pakde di komunitas pegiat literasi, mengharapkan agar pertemuan ini menjadi momentum untuk gerakan literasi sampai ke pelosok desa.

Neng Eni Amaliah ketua FRLL mengapresiasi semua masukan dan saran, dan akan menjadikan sebagai masukan bagi pemerintah. Juga mengharapkan agar pemerintah baik Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat merespon dalm bentuk gerakan nyata tidak hanya seremonial saja.

Akhmadi Sumaryanto, dalam penyampaiannya memaparkan, Forum Relawan Literasi Tanggamus (FRLT) bersama FTBM Tanggamus dan relawan literasi lainnya, telah mengajukan Bupati Tanggamus sebagai Bunda Literasi. Salah satu gerakannya adalah dengan menetapkan camat perempuan, dan atau istri camat serta kepala desa perempuan serta istri Kades sebagai Bunda Litetasi di wilayahnya. Harapannya gerakan tersebut juga di dukung dengan dana. Bisa berasal dari APBD atau dana desa.

Pada kesempatan tersebut juga, FRLL memberikan donasi buku kepada seluruh pegiat literasi yang hadir. Harapannya buku tersebut dapat bermanfaat bagi rumah baca, pojok baca, FTBM, perpustakaan sekolah, dan tempat baca lainnya. Berkaitan dengan buku yang dibahikan, Sumarno sebagai Ketua IPI Laampung, berharap buku yang dibagikan dapat ditera sesuai aturan ke puatakaan.

Baca juga:4 buah Ruko di Jalan Patuan Anggi Parluasan, Terbakar dilalap si jago merah!

“Ardiyanto dari Perahu Pustaka Lampung Selatan, mewakili pegiat literasi, mengucapkan terima kasih. Koleksi buku baru ini sangat dinanti oleh masyarakat di pulau Sebesi, pulau Sebuku, pantai pesisir bagian pedalaman dan tempat lainnya. Wilayah pulau-pulau inilah yang menjadi garapan Perahu Pustaka. Setelah buku ini diterima akan saya Sampaikan kepada anak anak yang ada di kampung pedalaman, Ujarnya Ardi kepada media Portalsumba.com

Selanjutnya Acara yang dilaksanakan di Dapur Solo Urip Roso ini diakhiri dengan Berbuka bersama. Para pegiat literasi semringah ketika kembali karena mendapatkan buku koleksi baru.: Tutupnya (Nurmayanti-Tim)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *