Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Gapoktan Arih Ersada: Terima Bantuan Alsintan dari Pemkab Dairi!! 

68
×

Gapoktan Arih Ersada: Terima Bantuan Alsintan dari Pemkab Dairi!! 

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM, Kurangnya tenaga kerja saat pemanenan menyebabkan kewalahan dan tingginya biaya produksi, sehingga membutuhkan mesin praktis seperti Mesin Combine Harvester Besar Multiguna (CHB Multiguna). Setelah mengajukan usulan dan direalisasikan, maka petani di Desa Rante Besi berterimakasih kepada Bupati Dairi Eddy Berutu dan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Manullang.

Demikian disampaikan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Arih Ersada Binaria Ginting dalam Acara Panen Perdana Jagung Menggunakan Mesin Combine Harvester Besar Multiguna (CHB Multiguna) di Desa Rante Besi, Kecamatan Gunung Sitember, Senin (12/6/2023).

Baca juga:Liverpool: Ajukan Tawaran untuk Rekrut Federico Chiesa dari Juventus, Sebesar 35 Juta

“Kami menyadari kebutuhan kami saat pemanenan, jadi kami berunding untuk mengusulkan penyediaan alat CHB Multiguna kepada Bupati Dairi melalui PPL Desa Rante Besi yang kemudian diteruskan melalui Kepala Dinas Pertanian,” kata Binaria.

Disampaikan Binaria, pemilihan mesih CHB Multiguna dianggap sangat praktis. Jika selama ini untuk memanen satu hektar harus memenuhi tenaga 30 orang, setelah menggunakan alat ini, diklaim mampu menyelesaikan satu hektar lahan dalam waktu tiga jam.

Lebih lanjut, Binaria menyampaikan gapoktan yang terdiri dari 12 kelompok tani tersebut telah berunding tentang sistem pemakaian, pemeliharaan, penyimpanan, dan perawatan alat tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca juga:Nahkodai KNPI Lampung Selatan 2023 – 2026, Merik Havit siap memajukan Pemuda Lampung Selatan!! 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi (DPKPP) Robot Manullang menyampaikan Kecamatan Gunung Sitember cukup banyak mendapat fasilitas pemerintah.

“Tahun kemarin, kecamatan ini mendapat 2 jalan usaha tani, alat penanam jagung sebanyak 7 unit, alat pengering jagung 1 unit, kemudian bibit durian 500 batang, dan pupuk organik 25 ton,” kata Robot.

Pemberian Alsintan tersebut, kata Robot, tidak terlepas dari upaya berbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Dairi.

“Jadi saya juga sudah sampaikan kepada mereka semua, agar seluruh bantuan yang mereka terima harus mereka rawat dan manfaatkan secara maksimal untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian di Gunung Sitember,” kata Robot. (Fs)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *