Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
KesehatanNasionalNews

Gelombang Panas Ekstrem Bisa Perburuk Kondisi Pasien Diabetes, Mengapa Bisa Terjadi? Simak!

67
×

Gelombang Panas Ekstrem Bisa Perburuk Kondisi Pasien Diabetes, Mengapa Bisa Terjadi? Simak!

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM – Badan Kesehatan Dunia (WHO) nyatakan gelombang panas ekstrem di belahan bumi utara semakin membebani sistem perawatan kesehatan. Salah satu penyakit yang kondisinya diperburuk oleh gelombang panas adalah diabetes.

Pasien diabetes akan mengalami kesulitan mengendalikan gula darah saat terjadinya gelombang panas. Mengapa gelombang panas ekstrem bisa memperburuk pasien diabetes?

Terkait hal ini, Peneliti Keamanan dan Ketahanan Kesehatan Global Dicky Budiman pun jelaskan kaitannya.

Ia mengungkapkan jika pasien diabetes akan mengalami kesulitan mengendalikan gula darah saat terjadinya gelombang panas.

“Sebetulnya orang dengan diabetes ini akan mengalami gangguan kesulitan mengatasi mengendalikan gula darah ketika terjadi gelombang panas,” ungkapnya saat ditanyai Tribunnews, Rabu (26/7/2023).

Hal ini dikarenakan saat terjadinya gelombang panas, seseorang berisiko alami dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan napas menjadi cepat dan bisa menganggu metabolisme tubuh bahkan menganggu pada beberapa organ.

Situasi ini yang mendorong kadar gula meningkat. “Karena dehidrasi itu yang terjadi ketika gelombang panas menyebabkan kadar gula meningkat,” kata Dicky.

Kalau kadar gula sudah meningkat, tentu kondisi pasien diabetes bertambah buruk. “Sehingga panas ini akhirnya berdampak pada kondisi diabetes seseorang,” pungkasnya.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *