Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
AdvetorialBeritaDaerahSastraSBDSosbud

Ini Jadwal Yang Sah, Pelaksanaan Pasola Sumba Barat Daya 2023

427
×

Ini Jadwal Yang Sah, Pelaksanaan Pasola Sumba Barat Daya 2023

Sebarkan artikel ini

Ini Jadwal Yang Sah, Pelaksanaan Pasola Sumba Barat Daya 2023

PORTALSUMBA.COM||KODI SBD- Telah berlangsung Rapat penentuan jadwal pelaksanaan pasola tahun 2023, Bertempat di Kampung Tosi, Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pada Selasa, (31/01/2023) Pukul 10.00 WIT.

Baca juga:Gegara intip cewek mandi, Sialan Diciduk polisi ini yang terjadi?

Baca juga:Delegasi Indonesia Berbagi di Malaysia, Praktis Keketuaan Asean 2023, masa sampai begini??

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sumba Barat Daya, Camat Bondo Kodi, dan dihadiri oleh Kabag Ops Polres Sumba Barat Daya AKP MARSELINUS HALE, Camat Kodi Bangedo, Camat Kodi Balaghar, Kapolsek Kodi Ipda Ahmad Sidiq, Kapolsek Kodi Bangedo diwakili oleh Kanit Provost polsek kodi bangedo Aipda M. Ali Akbar, Kasat Intelkam Polres Sumba Barat Daya Ipda I Made Subrata, Pasi Intel Kodim 1629 SBD Lettu Gerald, Kepala Dinas P dan K Kabupaten Sumba Barat Daya, Kadis Parawisata Kabupaten Sumba Barat Daya, para Kepala Desa, Para Rato Adat, Para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Para Tokoh Pemuda serta seluruh masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan rapat penentuan jabwal pesta ada pasola di Wilayah Kodi.

Baca juga:Presiden Jokowi Hadiri Ultah PSI Ke8, ini ucapnya dalam sambutan??

Baca juga:Paman Birin Panen Cabai di Pekarangan Kantor Pemprov Kalsel

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumba Barat Daya menyampaikan Harapan pemerintah daerah dengan mengajak seluruh elemen utk mensukseskan kegiatan pasola tahun 2023 di wilayah hukum Sumba Barat Daya.

Dengan adanya kegiatan pasola yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini mari kita menjaga dan melestarikan budaya pasola sehingga dapat menjadi Daya tarik bagi wisatawan Mancanegara.

Lebih lanjut Bupati Sumba Barat Daya dr. Kornelius Kodi Mete, menyatakan bahwa Sumba menyimpan beragam kebudayaan yang tersimpan di desa-desa adat yang masih mempertahankan tradisi dan warisan para leluhur, salah satu yang berkesan dalam pelaksanaan ini yakni.”

Baca juga:Dansat Brimob Riau pimpin tradisi penyambutan bintara remaja 26 lulusan watukosek dan bintara 48 SPN Polda Riau

Baca juga:Oknum Polres Simeulu yang Diduga Lakukan Penganiayaan akan Diproses, AKBP Jatmiko??

Perayaan nyale dan ritual pasola. Dua tradisi dan budaya ini Perayaan nyale dan ritual pasola adalah tradisi tahunan yang juga banyak menarik minat wisatawan, yang mana tradisi tersebut dilakukan sebagai ungkapan syukur atas panen.pleh karena itu Bupati Kodi Mete mengajak untuk ” mari kita sama – sama menjaga keamanan sehingga dalam pelaksanaan pasola dapat berjalan dengan aman dan lancar .’harapan Bupati.

Di tempat yang sama Camat Kodi Emanuel Kendu Wela, berpesan Agar kepada kita semua sebagai warga Kodi bersama sama mengsukseskan kegiatan pesta adat pasola tersebut dan meramaikan kegiatan tersebut sebagai Roh dari kecamatan Kodi terkhususnya Kabupaten Sumba Barat Daya.

Lebih lanjut Kata Camat “Kita bangga dengan adanya kegiatan pasola ini, maka dengan ini mari kita semua menjaga kelestarian ritual adat pasola sehingga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar”, sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian terhadap pelestarian Budaya,Camat menyampaikan jadwal pelaksanaan kegiatan pasola di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya.

Baca juga:Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga Desa Doka Kaka, Babinsa Koramil 01 Loli Beri Bibit Tanaman Kelor

Baca juga:Babinsa Koramil 01 Loli, Dampingi Pemberian Makan Tambahan PMT

Sementara itu Kapolsek Kodi Ipda Ahmad Sidiq selaku yang empunya wilayah Hukum dan Tuan rumah dalam event Pasola ini mengharapkan agar dalam pelaksanaan kegiatan pesta adat pasola tersebut tetap mentaati protokol kesehatan dan meminta masyarakat mengambil peran untuk berpartisipasi dalam menjaga kamtibmas selama event Pasola.

Ketika ditanya wartawan tentang kesiapan personil pengamanan Kapolsek Kodi menyampaikan bahwa seluruh Pers yg dilibatkan dalam event pengamanan Pasola ini seluruhnya diatur oleh Polres Sumba Barat Daya, dan menghimbau masyarakat agar warga tetap membawa dan memakai masker, sebelum penyampaian waktu pelaksanaan oleh para Rato adat, rato Pasola dan Rato marapu dr Kampung Tosi, Kampung Boku Mbani, Wainyapu, Ratenggaro, Maliti Bondo Ate, Waiha, Parona Baroro para rato tersebut telah melakukan rapat dan ritual di salah satu rumah adat di kampung Tosi, dan kemudian disampaikan kehadapan Bupati Sumba Barat Daya.

Baca juga:Kampung halaman Praijing Cultural Village

Baca juga:Harapan GMRI dan Posko Negarawan, Meneguhkan Sikap Filosofis Bangsa dan Ideologis Negara Pada UUD 1945 dan Pancasila

Kapolres SBD melalui Kabag Ops Polres SBD AKP Marselinus Hale menegaskan untuk bersama sama menjaga Kamtibmas selama pelaksanaan Pasola dan kepada warga yg datang menonton dan menyaksikan Pasola untuk tidak membawa senjata tajam, kecuali Para Rato dan lanjut Kabagops menghimbau kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi minuman keras.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dan apa bila ditemukan ada yg jual disekitar Area Pasola, maka kami akan menindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan Kabagops menjamin bahwa TNI Polri siap mengamankan Kegiatan pasola tersebut.

Baca juga:Bangun desa kok Susah? Berapa Anggaran Dana Desa Yang Dikelola Kepala Desa Setahun ??

Baca juga:TARIAN HEDUNG,GUNCANG GEDUNG STIKOM BALI

Di tempat yang berbeda setelah rapat penentuan waktu Pasola Dandim 1629 SBD melalui Dan Unit Intel Lettu Gerald menegaskan Agar dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tetap menjaga keamanan sehingga tidak terjadi benturan antara masyarakat dengan aparat, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan tercipta situasi kamtibmas yang kondusif dan TNI – Polri siap mengamankan Kegiatan pasola tersebut, Kami TNI Polri siap mendukung pelaksanaan pesta adat pasola, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan kondusif.

Nama-nama Rato Adat yang menentukan jadwal kegiatan pelaksanaan pesta ritual adat pasola yaitu sebagai berikut :

Rato dari Kampung Boku Mbani Rato Tari Mone, Rato Rangga Mete, Rato Pati Yeru tappa Rato dari Kampung adat Tosi,Rato Dingi loga, Rato pote Deta
Jadwal pelaksanaan pasola di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya sebagai berikut :

  • Pasola Homba Kalayo dilaksanakan pada tanggal 11 Pebruari 2023.
  • Pasola Bondo Kawango dilaksanakan pada tanggal 13 Pebruari 2023.
  • Pasola Rara Winyo dilaksanakan pada tanggal 14 Pebruari 2023.
  • Pasola Maliti Bondo Ate dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2023.
  • Pasola Waiha dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2023.
  • Pasola Wainyapu dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023.

(Sumber: Polsek Kodi)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *