Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNews

Kadis Erdiansyah, Tinjau Lokasi Objek Wisata Pantai Agro di Desa Legundi!! 

109
×

Kadis Erdiansyah, Tinjau Lokasi Objek Wisata Pantai Agro di Desa Legundi!! 

Sebarkan artikel ini

Kadis Erdiansyah, Tinjau Lokasi Objek Wisata Pantai Agro di Desa Legundi!! 

PORTALSUMBA.COM  – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lampung Selatan, Erdiansyah, S.H., M.H mengunjungi langsung lokasi wisata Pantai Agro sebagai penghasil budidaya rumput laut dan kerang hijau yang berada di Dusun Suka Bandar RT 02 RW 01 Desa Legundi Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Rabu (14/6/2023) didampingi Kepala Desa Legundi Mulkan, Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP, Ketua Apdesi Kecamatan Ketapang I Nyoman Prima Wijaya, Kades Ketapang Hamsin dan Kades Tri Dharmayoga I Made Ardana.

Kunjungan Kadis PMD Lampung Selatan ini dalam rangka melihat langsung tempat budidaya rumput laut dan kerang hijau yang berada di Pantai Agro Desa Legundi, Sebagai dasar pemetaan potensi desa untuk menentukan arah kebijakan dalam penyusunan skala prioritas yang bersumber dari anggaran dana desa.

“Kunjungan kami di wisata Pantai Agro Legundi ini yang terkenal dengan penghasil terbesar kerang hijau dan rumput lautnya untuk mengecek lokasi, terutama untuk desa percontohan. Karena potensi di Desa Legundi ini, model desa yang unik sudah bisa menghidupi ekonomi masyarakat, ” ujar Erdiansyah disela kunjungannya.

Ia berharap desa-desa yang lain atau serupa, yang memiliki pantai bisa belajar ke Desa Legundi, Karena prospek pemasaran rumput laut dan kerang hijau, Sudah jelas dan menjanjikan.

“Kita support dan dorong desa-desa di Kecamatan Ketapang yang memiliki objek wisata untuk berinovasi agar memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan, Apalagi Kecamatan Ketapang sebagai perlintasan antar provinsi ditambah kedepannya ada Harbour City Bakauheni, ” imbuhnya.

Menurutnya, wisata Pantai Agro Legundi tersebut, Bisa juga sebagai wisata kuliner seafood, Tinggal masyarakat bersama para tokoh dan Pokdarwis yang difasilitasi oleh Pemerintah desa untuk berembuk bersama-sama mewujudkan impian tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP menerangkan di Kecamatan Ketapang ada 5 desa yang memiliki objek wisata, yakni Desa Ketapang memiliki pantai pasir putih dan makam habib, Lalu Desa Legundi memiliki pantai agro yang menghasilkan budidaya rumput laut dan kerang hijau, ” terangnya.

Kemudian Desa Tri Dharmayoga yang memiliki Pantai Onaria, Terus Desa Ruguk memiliki wisata alam curug atau air terjun gajah mati dan Desa Sumur dengan Pantai Pidada, ” Ucapnya.

Sementara Ketua Kelompok Sinar Semendo 1 Amran (57) dihadapan Kadis PMD Kabupaten Lampung Selatan, Menerangkan Pantai Agro Desa Legundi penghasilan budidaya kerang hijau terbesar di Kecamatan Ketapang dan aman dari zat logam, Karena sudah uji klinis sebanyak 5 kali dari dinas terkait, Dan juga penghasil budidaya rumput laut sebagai mata pencaharian masyarakat nelayan di Desa Legundi.

Iapun menceritakan awal mula bisa budidaya rumput laut dan kerang hijau, Mencontoh dari pembudidaya dari kelompok nelayan di Kabupaten Pandeglang, Banten. Dan begitu ia terapkan di tempatnya, Banyak yang mengejeknya, Namun seiring dengan hasil budidaya yang lumayan, Banyak yang mengikuti jejaknya.

“Ilmunya dari Pulau Jawa, Yakni Kabupaten Pandeglang, Banten. Lalu saya terapkan disini, Awalnya saya dibilang stres, Karena budidaya kerang hijau dengan menggunakan ban bekas yang dibelah dua, lalu digantung dengan tali yang sudah dipancang di laut, Nanti kerang hijaunya nempel dan terus menumpuk dan membesar di ban bekas tersebut, Tetapi saat ini, Banyak yang mengikuti jejaknya saya, Karena bisa menopang ekonomi keluarga, ” Ungkapnya.

Lanjut, Ia menerangkan dalam satu ban yang sudah dibelah bisa menghasilkan 20 kilogram kerang hijau. Dan harganya untuk yang masih ada cangkangnya bervariasi dari harga Rp. 7 ribu sampai 10 ribu. Namun kalau sudah direbus dan dikupas harga per kilogramnya mencapai Rp 35 ribu.

Sedangkan rumput laut harga plukpuatif (naik turun). Untuk harga saat ini kisaran Rp.13.000 dari semula Rp.25.000. Kemudian budidaya kerang hijau hingga panen kisaran berusia 6-7 bulan lamanya. Sementara rumput laut, Kisaran berusia 45 hari, Dan jenis rumput laut yang di budidayakan adalah E. Cottonii dan E.Spinosum, ” jelasnya.

Wilayahnya usai dikunjungi oleh Kadis PMD Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Desa Legundi Mulkan mengucapkan terima kasih dan bisa meningkatkan motivasi masyarakat untuk melakukan pembenahan di segala bidang, Agar pengunjung merasa nyaman, Enjoy dan lancar.

“Kendala kita saat ini adalah akses masuk, Itu yang sedang kita musyawarahkan dengan para sesepuh kampung, Tokoh masyarakat, tokoh agama untuk membuat badan jalan baru menuju wisata ini, Adapun rencana pembukaan badan jalan sepanjang 221 meter dan lebar 5 meter, Minta doanya agar bisa segera dieksekusi, ” Ungkapnya.

Lanjut, Kades Mulkan menerangkan pembukaan badan jalan baru tersebut, melanjutkan jalan rabat beton yang dibangun melalui anggaran dana desa pada tahun 2020 sepanjang 200 meter. Artinya pembukaan ini, Benar-benar dari nol.

Iapun berharap, Impian dan rintisan masyarakat dan Pemerintah Desa Legundi untuk memajukan objek wisata desa, Bisa terwujud dengan cara bertahap, Sehingga kedepannya masyarakat perekonomiannya meningkat dan desa ada income, ” harapnya (Tim IWOI Lamsel).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *