Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNewsTNI polri

Kadispers Lanud Rsn, Hadiri Peluncuran Majelis Qur’an Riau

70
×

Kadispers Lanud Rsn, Hadiri Peluncuran Majelis Qur’an Riau

Sebarkan artikel ini

Kadispers Lanud Rsn, Hadiri Peluncuran Majelis Qur'an Riau

PORTALSUMBA.COM, Pekanbaru – Pemerintah Provinsi Riau Meluncurkan Majelis Al Qur’an Riau (Maqari), Maqari merupakan program dan upaya dari Pemerintah Provinsi Riau untuk melahirkan generasi muda qur’ani yang berwawasan kebangsaan. Acara Maqari diluncurkan langsung oleh Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si., bertempat di gedung daerah Balai Serindit jln. Diponegoro pekanbaru, senin 20/2/23.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin (Danlanud Rsn) Marsma TNI Setiawan yang diwakili oleh Kepala Dinas Personel (Kadispers) Kolonel Adm Efrizal Syah, S.A.P., M.I.Pol. hadir bersama dengan jajaran dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Pemprov Riau, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, dan para ulama majelis qur’an di Saudi Arabia yang hadir terhubung melalui virtual dalam peluncuran yang bertema Iftitah MaqarI tersebut.

Direktur Maqari, Ustadz Dr. H. Mustafa Umar dalam kesempatan tersebut mengatakan, Maqari ini merupakan peserta majelis quran angkatan pertama terdiri dari 20 orang anak yang sudah menghafal 30 juz Al-Qur’an.

“Sebagian besar dari mereka bukan hanya hafal Alquran 30 juz tetapi juga mengetahui kedudukan ayat di dalam Al-Qur’an, apabila kita baca pangkal ayat mereka ini akan dapat menyambungnya,” ujar Dr. H. Mustafa Umar.

Lebih lanjut Dr. H. Mustafa Umar menjelaskan, peserta Maqari ini juga apabila diuji, mereka mengetahui letak bacaan dari surat mana, halaman berapa, ayat ke berapa, kanan atau kiri dari halaman Al-Qur’an atas atau bawah.

Ia menambahkan, dengan adanya majelis Al-Qur’an di Provinsi Riau ini generasi ke depannya dapat menjadi penerus yang menguasai ilmu syar’i dan ilmu sosial” lanjut Dr. H. Muztafa Umar.

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si., menyamlaikan bahwa “Pembentukan dari majelis qur’an ini merupakan satu dari berbagai banyaknya tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025.

Visi Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Riau 2005-2025 adalah Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2025″ ungkap Gubri.

Oleh karena itulah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 yang merupakan bagian dari visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau saat ini, bertujuan dalam perkembangan bidang keagamaan.

“Dengan begitu ditetapkan misi yaitu, Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Beriman, Berkualitas dan Berdaya Saing melalui pembangunan Majelis Qur’an Riau sebagai upaya percepatan pembangunan Qur’an center,” ulas Gubri

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini, mengungkapkan Pemprov Riau siap bekerja sama dengan Saudi Arabia dalam berbagai bidang untuk menjadikan pusat Al-Qur’an di Riau menjadi rujukan pengambilan sanad untuk Asia Tenggara.

“Siap bekerja sama dalam berbagai bidang untuk menjadikan pusat Alquran di Riau menjadi rujukan dari pengambilan sanad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Bukan saja untuk Indonesia bahkan untuk Asia Tenggara. Ini berkat usaha dan kerja keras kita semua serta dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau,” ulas Gubri.

“Dari hasil pembelajaran Al-Qur’an Maqari anak-anak hafiz ini diberikan beasiswa untuk belajar di Universitas terkemuka di luar negeri dan dalam negeri dengan jurusan berbagai ilmu agama, IT, bisnis, sains, dan teknologi” pungkas orang nomor satu diprovinsi Riau.

Penulis//Erick

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *