Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerahEkonomiNasionalNewsSosbud

Kobarkan Kejayaan Kopi Sidikalang, Dimitria Tampilan Kopi Aur: komoditi unggul!!

148
×

Kobarkan Kejayaan Kopi Sidikalang, Dimitria Tampilan Kopi Aur: komoditi unggul!!

Sebarkan artikel ini

Kobarkan Kejayaan Kopi Sidikalang, Dimitria Tampilan Kopi Aur: komoditi unggul!!

PORTALSUMBA.COM, DAIRI – Pada peresmian Perpustakaan Kabupaten Dairi ‘Raja Naga Jambe’ oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, pada Kamis (4/5/2023) lalu, Sekretaris Karang Taruna DAIRI, Maria Dimitria Tabitha Berutu untuk memperkenalkan sekaligus melaunching Kopi Aur Sidikalang dalam kemasan sachet.

Menurut Dimi, ide ini muncul karena keinginan besarnya mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang agar pamor Kopi Sidikalang tidak hilang begitu saja.

Baca juga:Pelajar Dairi, Akui Metode Gasing Ajarkan Belajar Matematika: dengan Cepat dan Gampang!!

Dimitria menyebut kopi Sidikalang adalah komoditi unggulan dari Kabupaten Dairi yang sudah terkenal sejak dahulu karena cita rasa unik yang luar biasa. Namun beberapa tahun ini, nama ini sedikit redup.

“Kami melihat di beberapa tempat wisata atau hotel, kopi Sidikalang itu tidak disajikan. Oleh karena itu kami ingin menghidupkan kembali kopi Sidikalang, kopi dari Dairi dalam kemasan sachet bernama ‘Kopi Aur Sidikalang’,” katanya.

“Kami berharap dengan mengemas Kopi Sidikalang dalam kemasan yang praktis dan harga terjangkau akan semakin banyak orang yang bisa menikmati kopi Sidikalang,” katanya lagi.

Dimitria, yang lama mengenyam pendidikan di London ini menjelaskan bahwa mengangkat kembali pamor kopi Sidikalang harus dimulai dari hal terkecil lebih dahulu, lalu perlahan nama besar itu akan kembali bangkit.

Baca juga:Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Menyetujui 10 Pengajuan Restorative Justice

“Kita mulai dari kampung kita sendiri dulu yaitu Dairi, lalu ke tempat wisata, lalu mendunia,” ujarnya lagi.

Ide memperkenalkan kopi sachet, kopi Sidikalang dalam kegiatan peresmian Perustakaan ini bukan tanpa sebab. Ia menceritakan Rapat Koordinasi (Rakornas) Perpustakaan Nasional yang Ia hadiri beberapa waktu lalu di Jakarta melahirkan ide dan pemikiran bahwa literasi juga dapat kita lihat dalam bentuk inovasi. Dan kopi Sidikalang juga sangat wajar mendapatkan inovasi menjadi kopi dalam kemasan sachet.

“Kebetulan saya ikut dalam Rakornas bersama Perpusnas di Jakarta beberapa waktu lalu, dan ternyata pengetahuan literasi itu, bukan hanya membaca saja, tetapi juga inovasi yang berdampak dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Saya berfikir, peresmian perpusda hari ini adalah momentum baik untuk melaunching kopi Sidikalang sachet, karena inilah bentuk nyata literasi yang kita perjuangkan selama ini.

Saya mengajak terutama kaum muda di mana saja berada untuk dapat menggunakan ilmu yang mereka miliki, untuk bermanfaat bagi masyarakat. Kita bangun literasi, dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Mari nikmati kopi Sidikalang,” kata Dimi mengakhiri.

Peresmian Perpustakaan ini juga dihadiri oleh Anggota DPR-RI Komisi X Djohar Arifin Husin, Deputi II Bidang Pengembangan Perpusnas Dr. Ardin Bondar, Unsur Forkopimda Dairi, Sekda Budianta Pinem, Asisten Perekonomian J.W Purba, Plt. Kepala Pusat Analisis dan Pengembangan Budaya Baca Dewi Kartika Sari, para kepala OPD, Ketua TP.PKK, Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, serta para tamu undangan lainnya. (Fs)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *