Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerah

Kunjungi Petani Parbuluan V Dairi, Wali Kota Medan Bobby Nasution Berikan Oleh-oleh

104
×

Kunjungi Petani Parbuluan V Dairi, Wali Kota Medan Bobby Nasution Berikan Oleh-oleh

Sebarkan artikel ini

Kunjungi Petani Parbuluan V Dairi, Wali Kota Medan Bobby Nasution Berikan Oleh-oleh

PORTALSUMBA.COM, – DAIRI – Beruntung, kata yang tepat bagi petani yang memiliki lahan di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, saat dikunjungi Wali Kota Medan Bobby Nasution yang didampingi Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Deputi Kepala BI Sumut Ibrahim, dan Ketua KADIN Medan Arman Chandra, Senin (06/02/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Dairi dan Wali Kota Medan menyambangi para petani yang berada di Kawasan Pertanian Terpadu dan melakukan dialog. Kesempatan itu digunakan Wali Kota untuk menanyakan apa yang menjadi kebutuhan petani guna mendukung keberhasilan pertaniannya.

Sontak, Oppung Maya Silalahi, salah seorang petani, menjawab: “Kami masih kekurangan pupuk untuk pertanian kami.” ujar Oppung Maya.

Mendengar pernyataan tersebut, Wali Kota Medan pun menyampaikan akan memberikan bantuan kepada petani.

“Nanti Saya bantu dana guna pembelian 10 zak pupuk ya Oppung ya. Nanti dibagi-bagi sama teman petani lainnya. Nanti saya titip melalui Bapak Kepala Desa-nya ya” ujar Bobby Nasution.

Mendengar jawaban Bobby, petani mengaku merasa senang dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Yah enaklah, senanglah hati kita. Hati kami semua yang ada di sini senang semua, ga ada yang cemberut” ujar Oppung Maya saat diwawancari.

Guna mendukung hal tersebut, Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu juga menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi telah bekerja sama dengan perbankan dalam hal membantu pemodalan petani.

“Pemerintah sudah membuat program KUR klaster dan bekerja sama dengan perbankan. Jadi masyarakat yang memiliki keterbatasan modal, nantinya bisa bergabung dalam program KUR Klaster, ” jelas Eddy Berutu.

Tidak hanya itu, petani di kawasan pertanian ini pun, mendapat bantuan dana sebesar Rp 5 juta guna membangun atau menambah fasilitas Greenhouse pembibitan tanaman. Bantuan inipun diserahkan melalui kepala desa Parbuluan Maraden Sagala.

Selain berdialog langsung dengan petani, Bupati Dairi dan Wali Kota Medan juga meninjau beberapa pengerjaan pembangunan fisik penunjang pertanian yang telah dan sementara dikerjakan.

Sebelumnya, Bupati Dairi Eddy Berutu dan Wali Kota Medan Bobby Nasution meneken kerja sama antar daerah untuk menekan laju inflasi. Kerja sama tersebut berupa Dairi menyediakan bahan pangan holtikultura, terutama cabai, sementara Kota Medan akan bertindak sebagai off taker atau pembeli. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Gedung Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) Taman Rekreasi, Senin, 6 Februari 2023.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *