Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasionalNewsTNI polri

Lanud Roesmin Nurjadin Gelar Acara Peringatan Tahun Baru Hijriyah

58
×

Lanud Roesmin Nurjadin Gelar Acara Peringatan Tahun Baru Hijriyah

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM – Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin menggelar acara peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1445 H 2023 M yanPg mengambil tema “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 H 2023 M Kita Tingkatkan Takwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan” di Masjid Amrullah Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (26/7/2023).

Acara yang menghadirkan penceramah Dr. H. Saidul Amin, MA., ini sekaligus menjadi puncak Gebyar Muharram yang rangkaian perlombaannya dilaksanakan beberapa hari sebelumnya.

Peringatan Tahun Baru Hijriyah dibuka dengan penampilan Grup Marawis Ashabul Kahfi Remaja Masjid Amrullah, dan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Juara I Tilawah tingkat remaja Gebyar Muharram 1445 Lanud Rsn.

Mengawali ceramahnya, Dr. H. Saidul Amin, MA. menyampaikan, peringatan Tahun Baru Islam adalah momentum untuk kita merenungkan masa lalu dan merenungkan masa depan,merenungkan masa lalu maka kita perlu mengevaluasi diri apakah dari hari ke hari kita sudah menjadi seorang muslim yang baik atau tidak, sebab begitu tahun bertambah, umur pun bertambah begitu umur bertambah kita sesungguhnya sudah semakin dekat dengan akhir kehidupan.

Ditambahkannya mengutip dari ungkapan yang sangat indah dari Imam Al Ghazali, yang menyatakan kehidupan itu sangat pendek dan kematian itu sangat dekat, kenapa kematian itu sangat dekat karena tidak seorangpun yang tahu kapan, di mana, dan dalam keadaan yang bagaimana, karenanya diperlukan evaluasi diri untuk menjadi lebih baik.

“Oleh sebab itu kita harus selalu mengevaluasi diri agar kehidupan hari ini lebih baik dari kehidupan yang lalu dan kehidupan ke depan akan lebih baik dari kehidupan hari ini agar ketika waktu itu tiba kita dalam kondisi yang lebih baik” terang ustadz.

Selanjutnya Ustadz yang juga Rektor UMRI ini menjelaskan momen pergantian tahun ini juga moment untuk memperbarui keislaman, hal ini terdiri dari pemahaman terhadap ajaran Islam dan pengamalan terhadap ajaran Islam.

Islam itu merupakan produk Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena Islam itu produk Allah dan Allah Tuhan Yang Maha Sempurna maka ajaran Islam itu pasti sempurna yang kedua harus disadari juga bahwa ajaran Islam itu mesti sesuai dengan keinginan manusia, kenapa demikian karena Allah yang menurunkan Islam dan Allah yang menciptakan manusia maka ajaran Islam itu pasti seiring dan sejalan dengan keinginan manusia.

Berkaitan dengan pengamalan ajaran Islam, Islam yang sesungguhnya itu adalah Islam yang rahmatan lil alamin yang memberikan manfaat bukan yang memberikan mudarat.

Diakhir ceramahnya ustadz mengajak untuk sama sama memperbarui kehidupan di momen pergantian tahun ini.

“Kemudian kita mulai memperbaharui kehidupan kita mulai dari keluarga masyarakat dan seterusnya sebab kalau keluarga kita baik itu sudah menyumbangkan kebaikan bagi masyarakat tapi kalau keluarga kita tidak baik ini sudah menjadi neraka Tuhan yang hadir di muka bumi” tutup Dr. Saidul Amin.

Usai ceramah acara dilanjutkan dengan pengumuman dan pembagian hadiah lomba Gebyar Muharram.

Kegiatan peringatan Tahun Baru Hijriyah ini diikuti seluruh pejabat Lanud Rsn, Danyonko 462, Dandenhanud 475 Kopasgat, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 12/D.1 Lanud Rsn beserta jajaran, prajurit TNI AU dan Pns serta Insub yang berada di lingkungan Lanud Roesmin Nurjadin.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *