Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasional

Martinus Jaha Bara S.Ap, Memperingati hari lahir Pancasila: Sekilas Lahirnya dan makna!!

202
×

Martinus Jaha Bara S.Ap, Memperingati hari lahir Pancasila: Sekilas Lahirnya dan makna!!

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA-Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2023, Mari bersama abadikan semangat persatuan dan kesatuan, saling menghargai dan menghormati, kamu dia dan kita adalah satu yaitu Indonesia.

Memperingati hari lahir Pancasila adalah kewajiban rakyatnya, serta dengan mempertahankan nilai luhur bangsa kita Pancasila.” Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, Ras, budaya, dan agama dapat bersatu dalam kesatuan republik Indonesia, berdasarkan Pancasila, Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Baca juga:Jaksa Agung : Hari Lahir Pancasila Jangan Cuma Sekedar Seremoni

Hari Lahir Pancasila. Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Dalam sidang tersebut, anggota BPUPKI membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka.

Dalam sidang kedua BPUPKI, Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk “Lahirnya Pancasila” berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tepatnya pada 1 Juni 1945. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Baca juga:Diduga Pungli Sebesar 17 Juta: Program Penyediaan air minum Magrak, Resmi Dilaporkan Ke Kajati Lampung!! Waduh?

Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah penuntun keberagaman yang dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Kami segenap Redaksi Media Portalsumba.com mengucapkan selamat hari lahir Pancasila.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *