Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
News

Menyikapi Maraknya Berita Hoax, Ikatan Keluarga SBD di Bali Gelar Rapat Koordinasi Bersama Polresta Denpasar

250
×

Menyikapi Maraknya Berita Hoax, Ikatan Keluarga SBD di Bali Gelar Rapat Koordinasi Bersama Polresta Denpasar

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM – Denpasar, Upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya (IKSBD) Bali bersama Polresta Denpasar menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan penyuluhan Kamtibmas. Kegiatan yang diadakan pada Sabtu, 26 Agustus 2023 pukul 18.00 WITA ini berlangsung di Jln. Ceningan Sari Gg. Sekar Sari, No.1 Sesetan Densel.

Rakor tersebut dihadiri oleh Kasat Binmas Kompol Tjok Gede Arim.M. Putra, SH. serta sejumlah tokoh penting termasuk Lurah Sesetan, Putu Wisnu Wardana, Ketua Flobamora, Herman Umbu Billi, dan Ketua Umum IKSBD Bali, Gidion Ndatadi dan Acara ini juga diikuti oleh kurang lebih 25 Sub Unit IKSBD Bali.

Dalam sambutan pembuka, Ketua 2 IKSBD, Samuel Sairo Kalumbang, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tanggapan atas himbauan Kamtibmas dari Polda Bali. Hal utama yang disoroti dalam kesempatan itu adalah masalah Miras dan Kecelakaan lalu lintas dan kejahatan Media Sosial dengan pemberitaan palsu atau Hoax.

Beredar Berita Hoaxs “Menuding” Warga Sumba Sebagai Pelaku Kericuhan Jl.Taman Pancing, Paguyuban Sumba di Bali Merespon Seperti ini!

Samuel Kalumbang menekankan bahwa Miras dapat berdampak negatif pada kehidupan dengan mendorong pertikaian dan masalah lainnya. Selain itu, kesadaran dalam berkendara sangat penting untuk mengurangi kecelakaan yang seringkali terjadi karena kurangnya kesadaran diri.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum IKSBD Bali, Gidion Ndatadi, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi dengan pihak Kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia menegaskan bahwa IKSBD siap untuk mendukung kegiatan Kepolisian, terutama dalam patroli di titik-titik rawan.

Lurah Sesetan, Putu Wisnu Wardana, turut berbicara mengenai pentingnya koordinasi dalam pemeliharaan Kamtibmas. Ia berharap agar ke depannya tidak ada insiden yang mengganggu kedamaian masyarakat, dan mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam menjaga keharmonisan.

Makrab dan MUA Ikasoma Bali Tahun 2023, Ketua Terpilih Dominggus Digo Tonggoro

Kasat Binmas juga memberikan arahan, mengajak seluruh anggota IKSBD untuk bergandengan tangan dalam memastikan keamanan. Polisi Banjar hadir sebagai mitra dalam upaya penanganan permasalahan di masyarakat, dengan dukungan dari aplikasi Polisi Banjar hebat. Permasalahan yang tidak dapat diatasi di tingkat Banjar akan ditingkatkan hingga ke tingkat Provinsi.

Dikonfirmasi terpisah Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi membenarkan kegiatan tersebut dan kegiatan ini menunjukkan kolaborasi yang erat antara IKSBD Bali dan Polresta Denpasar dalam menjaga Kamtibmas.

“Semua pihak hadir dengan komitmen untuk menjaga keamanan dan kedamaian di masyarakat, serta bersama-sama membangun Bali yang harmonis dan saling menghormati” ucapnya.

Hal ini juga untuk menepis isu yang beredar di masyarakat terkait adanya video yang meresahkan dan berpotensi memecah belah persatuan Bangsa dengan tudingan Warga Sumba sebagai pelaku pembegalan di Jl. Taman Pancing.

Sosok Keturunan Sumba Bakal PJ Gubernur NTT, Simak Perjalanan Karirnya!

Lain dari pada itu, Servas dan IK selaku warga IKSBD yang turut hadir dalam rakor tersebut menuturkan keresehannya dengan berbagai pemberitaan media online yang begitu masif menyoroti keberadaan warga Sumba di Bali dengan tudungin sebagai perusuh di Pulau Dewata.

Servas dan IK meminta klarifikasi jelas dari pihak-pihak tertentu sehingga tidak melebar atas stigma buruk yang merugikan nama daerah asalnya. Servas menyata bahwa Warga Sumba di Bali sebagai perantau tidak hanya mencari nafkah tapi Warga Sumba adalah penyumbang pertumbuhan ekonomi Bali usai covid, menurutnya rekan asal Sumba hanya pekerja kuli tapi juga berkontribusi untuk Bali tercinta.

” Kami berterimakasih atas himbauan dan undangan rapat koordiansi dari IKSBD dan Polresta Denpasar. Dalam kesempatan ini saya Servas menyatakan kami pekerja Kuli suka minum tapi tidak semua jadi perusuh.
Kami Warga Sumba turut kontribusi juga untuk pertumbuhan ekonomi Bali walaupun sebagai pekerja kuli bangunan,” ucap Servas.

Kebakaran di Jalan Tukad Musi Dekat Gereja Katedral Denpasar, Damkar Berhasil Tenangkan Api
Senada IK, juga menyesalkan dengan pemberitaan hoax yang mengganggu psikologi warga terutamanya perantau asal Sumba di Bali. Atas pemberitaan tidak berimbang tersebut dapat menimbulkan kontraversial dalam kehidupan bermasyarakat.

IK menegaskan bahwa Kepolisian Resort Denpasar untuk gerak cepat menindak lanjut oknum penyebar video hoax dengan tudingan Warga Sumba pembegalan di Jl.Taman Pancing. Lagi-lagi berharap Polresta Denpasar untuk berkoordinasi dengan PWI dan SMSI Bali guna menimalisir pemberitaan tidak berimbang yang sedang marak.

” Dalam kesempatan yang indah ini, dengan penuh hormat kepada senior-senior IKSBD Bali beserta Polresta Bali mengucapkan terimakasih atas sikap dalam memelihara Kamtibmas dengan turut mengundang kami,” Ucap IK dengan nada cemas

Lebih lanjut, IK berharap Polresta Denpasar turut menjembatani Humas IKSBD untuk diskusi dengan PWI dan SMSI Bali guna berdiskusi terkait penyunting berita lokal yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

“Ijinkan saya menyampaikan suara hati dan cinta untuk Negeri terutamanya Bali, sekiranya bapak-bapak dari Polresta Denpasar menjembatani kami atau bapak sendiri berkoordinasi dengan PWI dan SMSI Bali guna berdiskusi terkait maraknya pemberitaan yang menyoroti daerah kami tapi sesungguhnya  hanya oknum pelaku yanh tidak terdata, perlu kami sampaikan mohon dengan hormat kepada bapak-bapak untuk menghimbau bahwa kami di Bali ini tidak hanya perusuh tapi berkontribusi untuk Bali juga. Semoga kedepan rekan-rekan media lokal di Bali lebih jeli dalam menyunting berita,” Jelas IK

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *