Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerahNews

Peduli budaya, melalui tergerus perkembangan zaman, bangkitkan mekar budaya seni!

75
×

Peduli budaya, melalui tergerus perkembangan zaman, bangkitkan mekar budaya seni!

Sebarkan artikel ini

Peduli budaya, melalui tergerus perkembangan zaman, bangkitkan mekar budaya seni!

PORTALSUMBA.COM, Lampung Selatan Peduli akan Budaya yang mulai tergerus perkembangan zaman, membangkitkan Ketua Seni Budaya yang ada di Desa Bumidaya Kecamatan Palas bersama penggiat seni budaya di Desa setempat membentuk sebuah wadah paguyuban yang di beri nama Mekar Budaya Seni.

Mengingat semakin lunturnya minat generasi muda akan budaya nya sendiri, dan cendrung terbawa arus budaya asing yang begitu deras seiring dahsyat nya perkembangan teknologi melalui dunia digital.

Dasar itulah yang mempersatukan penggiat penggiat tersebut pada ahir Tahun 2022 membentuk “Mekar Budaya Seni” bertempat di Desa Bumidaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan.

Hal itu di ungkap dan dipaparkan Ketua Mekar Budaya Seni Yoyo Haryono (53) di kediamannya RT 02 RW 06 Desa Bumidaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan bersama penggiat seni budaya Desa setempat kepada tim Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Lampung Selatan Usai kegiatan Penilaian Lomba Desa yang di gelar Di Desa Bumidaya Kecamatan Palas yang di hadiri Ketua TP.PKK Hj. Winarni dan Pejabat teras Pemkab Lampung Selatan.Senin (27/02/2023).

“Allhamdulilah meski Mekar Budaya Seni terbilang baru, namun anak anak kita sudah tampil dengan Tari Jaipong
pada acara Lomba Desa dalam penyambutan Hj.Winarni Nanang Ermanto dan rombongan. Sebelumnya sudah lima kali tampil di beberapa desa di Kecamatan Palas ini”.terang nya

Yoyo Haryono menjelaskan lebih lanjut, “Didalam Mekar Budaya Seni selain seni Tari Jaipong, ada Singa Depok, Bodoran ( Lawak) Seni Bela Diri Pencak Silat, itu sementara yang kami bina dulu.” Ujarnya

Ia menambahkan, “Tujuannya agar seni budaya kita ini jangan sampai padam atau punah karna kemajuan zaman. Kita juga mendukung tiap tiap daerah ada terus mengembangkan seni budayanya dan kita bisa bekerja sama.
Mudah mudahan segenap pihak dan Dinas Pariwisata Lampung Selatan mendukung dalam hal ini.” harapnya.

Ketua Mekar Budaya Seni berharap juga kepada tim IWO Indonesia Lampung Selatan dapat menjadi mitra dalam mengembangkan dan memperkenalkan kepada Masyarakat umum lebih luas lagi.

Menanggapi hal itu, Ketua IWO Indonesia Lampung Selatan Hari Prasetyo Wibowo menyambut baik dan mengapresiasi apa yang menjadi tujuan Ketua Mekar Budaya Seni.

“Kami dari IWO Indonesia Lampung Selatan senantiasa siap jika di perlukan sumbangsih saran dan pemikiran sebagai mitra dengan semua pihak di Lampung Selatan ini”. Ujar Hari Prasetyo Wibowo dengan mantap

Kedepan, Mekar Budaya Seni, tidak hanya menampilkan dari satu seni budaya suku, namun akan bekerja sama dan dengan penggiat penggiat budaya lainnya. Sehingga tampak kesan Nasionalisme sesuai Kebhinekaan Bangsa Indonesia.(timiwoilamsel)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *