Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaWisata

Penengahan Fair 2023 Resmi Dibuka, Nanang Ermanto, Optimalkan Potensi Jejak Sejarah Menjadi Obyek Wisata

77
×

Penengahan Fair 2023 Resmi Dibuka, Nanang Ermanto, Optimalkan Potensi Jejak Sejarah Menjadi Obyek Wisata

Sebarkan artikel ini

Penengahan Fair 2023 Resmi Dibuka, Nanang Ermanto, Optimalkan Potensi Jejak Sejarah Menjadi Obyek Wisata

PORTALSUMBA.COM – Event Penengahan Fair 2023 resmi dibuka oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto pada Kamis (20 /7 / 2023 )dengan membawakan tema” Mengangkat Keanekaragaman Produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Berupa Kerajinan & Olahan Kuliner Desa di Kecamatan Penengahan.

Kegiatan dipusatkan di Lapangan Sepakbola Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Dan dihadiri oleh Anggota DPRD Lamsel Dapil Penengahan, Sekdakab Lamsel, Thamrin, para pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Lamsel, Camat Penengahan Jaelani, S.STP.M.H beserta Forkopimcam Penengahan, Pimpinan BUMN, BUMD serta para pelaku UMKM dan para Kades se- Kecamatan Penengahan, Tokoh agama, tokoh adat, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyampaikan sangat bangga melihat gelaran pembukaan event Penengahan Fair 2023 sangat meriah dan penyambutannya yang luar biasa. Dan bupati pun sangat bangga dengan parade budaya desa dan semarak seni budaya Lainnya yang dimiliki oleh Kecamatan Penengahan.

“Alhamdulillah saya melihat gelaran pembukaan event Penengahan Fair 2023 sangat meriah sekali, Ditambah dengan parade budaya desa dan semarak seni budaya lainnya, Inilah ragam kekayaan budaya yang kita miliki, bersatu padu disini, Menjadi kekuatan yang tak terpisahkan sebagai bentuk kebhinekaan yang harus kita jaga dan lestarikan, Kata Bupati Nanang Ermanto.

Bupati Nanang Ermanto pun sangat mengapresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan Penengahan, Forkopimcam Penengahan, Para Kepala Desa serta seluruh elemen masyarakat dan semua pihak yang telah terlibat langsung untuk mengisi dan memeriahkan gelaran Penengahan Fair 2023 hari ini.

“Ini akan menjadi catatan sejarah dan kebanggaan masyarakat Penengahan, Karena dengan digelarnya Penengahan Fair ini, Seluruh potensi yang ada disini bisa ditampilkan, Bukan saja Keragaman Parade Budaya, namun juga momentum ini telah mengangkat keanekaragaman produk UMKM dan IKM, yang merupakan hasil kerajinan masyarakat dan olahan kuliner dari seluruh desa-desa yang ada di Kecamatan Penengahan, sambungnya

Lebih detail lagi, Bupati Nanang Ermanto menjelaskan Kecamatan Penengahan bisa disebut sebagai salah satu pusatnya adat budaya daerah Kabupaten Lampung Selatan, Disini pernah berdiri Keratuan Darah Putih, yang merupakan cikal bakal dari lahirnya Pahlawan Nasional Raden Intan II. Banyak peninggalan-peninggalan sejarah masa lalu yang patut kita lestarikan dan di kenang sebagai penyemangat bagi kita dalam mengisi pembangunan dimasa sekarang.

“Potensi-potensi dari jejak sejarah yang ada disini harus dapat dioptimalkan menjadi obyek wisata sejarah dan religi, Ini menjadi obyek salah satu kelebihan yang dimiliki Kecamatan Penengahan yang tidak ada di kecamatan lainnya, Kelebihan itu harus mampu mengangkat perekonomian masyarakat, melalui peningkatan sektor wisata.

Masih dikatakan Bupati Lampung Selatan, Selain itu ada sektor UMKM dan IKM yang juga harus dimaksimalkan capaiannya. Sektor tersebut sangat menunjang pendapatan masyarakat, Terutama bagi para pelaku UMKM dan IKM. Oleh karena itu, Dirinya berharap untuk memanfaatkan ajang ini sebagai sebuah media promosi produk unggulan bagi seluruh para pelaku UMKM dan IKM. Kebangkitan perekonomian kita Beranjak dari event-event seperti ini.

“Untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif tersebut, Pemkab Lamsel telah menuangkannya dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021-2026, Yang tertuang dalam misi ke-4 yaitu ” mengembangkan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi unggulan daerah,” lanjutnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Nanang Ermanto berpesan menjelang tahun politik atau menghadapi Pemilu 2024 untuk ikut berpartisipasi mensukseskan gelaran Pemilu mendatang.

“Gunakan hak pilih bapak ibu nanti dengan baik, Cermat dan teliti, Hindari perpecahan ditengah masyarakat kita, Karena berbagai propaganda kampanye bisa berpotensi memecah belah kerukunan masyarakat. Kita harus bersatu menolak hal-hal yang mengarah kepada perpecahan dan adu domba. Apapun pilihannya, Kita tetap bersaudara,” Pesannya.

Selanjutnya, Dilanjutkan dengan rangkaian parade adat budaya seluruh stand desa dan UPTD se-Kecamatan Penengahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *