Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNewsWisata

Pesona pantai Halete Sumba, Yang luar biasa, kunjungi yuk!

82
×

Pesona pantai Halete Sumba, Yang luar biasa, kunjungi yuk!

Sebarkan artikel ini

Pesona pantai Halete Sumba, Yang luar biasa, kunjungi yuk!

PORTALSUMBA.COM, Pantai Halete, bagian daratan terdapat hutan dan perbukitan kecil hijau yang asri. Perbukitan ini dapat terlihat dari pantai sehingga sangat cocok untuk selfie dengan background perbukitan dan hutan.

Tidak heran jika banyak pengunjung yang menuju pantai halete, berhenti sejenak di hutan ini sekedar untuk beristirahat ataupun berfoto mengabadikan momen bersama keluarga atau sahabat.

Jika anda ingin berteduh setelah bermain di pantai sambil menunggu sunset atau sekedar beristirahat, anda bisa menuju hutan mangrove di dekat pantai, jaraknya +- 100 meter.

Baca juga:Siapa yang ingin sukses,simak artikel ini

Ditengahnya terdapat danau air payau kecil yang jernih, banyak ikan dan binatang air payau lainya. Kalian juga bisa memancing atau menangkap ikan dengan jaring di danau ini.

Tempatnya sejuk, cocok untuk berteduh dari teriknya matahari. Tetapi harus tetap waspada dengan hewan berbahaya seperti ular dan kepiting.

Tidak hanya pemandangannya yang indah, pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai lain di Sumba, karena menjadi satu-satunya pantai di Sumba yang memiliki bebatuan lempeng pipih di punggung pantai, membatasi pasir putih dengan rumput hijau sekitarnya.

Baca juga:Lakukan Penindakan Tegas Terhadap Pedagang, Progres Penataan Pasar Sumbul Capai 80%

Pengunjung dapat duduk di bebatuan tersebut sembari menikmati suasana pantai dan pesona sunset Sumba Barat Daya.

Di bulan tertentu, warga Sumba Barat Daya memiliki tradisi unik yaitu Bau Nyale. Bau artinya menangkap dan Nyale adalah cacing laut. Sebuah tradisi menangkap cacing laut oleh warga sekitar.

Tradisi ini dilakukan setahun sekali ketika cacing nyale muncul, warga akan ke pantai (salah satunya adalah pantai halete untuk menangkap cacing nyale yang diyakini bahwa hasil panen warga dapat dilihat dari banyak dan aneka warna cacing yang muncul.

Baca juga:Optimis, Kursus Bahasa Inggris Tingkatkan Kemampuan Siswa SD Negeri 037150 Sigambir-gambir

Cacing yang beraneka warna tersebut dipercaya sebagai simbol kemakmuran dan melimpahnya hasil panen. (ini dari kompas.com “keunikan Tradisi Menangkap Nyale”)

Lokasi dan akses masuk Pantai Halete Sumba, Pantai Halete merupakan salah satu pantai yang berada di Sumba Barat Daya, tepatnya di Mangganipi, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya bisa cek di sini.

Akses jalan utamanya juga sudah beraspal dan bisa di lalui mobil dengan pemandangan hutan yang indah di sepanjang perjalanan.

Baca juga:Wao Keren! Siswa SMP Negeri 1 Sidikalang Juara 3 Umum Olimpiade MIPA

Nah itu dia ulasan singkat tentang pesona dan keunikan Pantai Halete Sumba. Semoga dapat menjadikan informasi bagi kalian yang sedang mencari referensi destinasi wisata di Indonesia, Sumba Barat khususnya.

Bagi kalian yang berkunjung ke Sumba, jangan lupa mampir ke Pantai Halete dan nikmati suguhan alam yang diberikan olehnya.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *