Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNews

Pj Kades Muslim Idrus Patut di Acungi Jempol Dalam Menjalankan Kinerjanya

102
×

Pj Kades Muslim Idrus Patut di Acungi Jempol Dalam Menjalankan Kinerjanya

Sebarkan artikel ini

 

PORTALSUMBA.COM, Penantian panjang masyarakat Desa Pematang Baru, Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan selama 17 tahun mengharapkan atau memimpikan akses jalan utama masuk desa yang mulus, akhirnya terealisasi di era kepemimpinan Pejabat Kepala Desa (Pj.Kades) Pematang Baru, Muslim Idrus dengan perjuangan dan pengorbanan yang berliku-liku dan panjang patut diberi aplus atau apresiasi oleh semua elemen masyarakat Desa Pematang Baru. /27/02/7/2023/,

Terealisasinya rekonstruksi Jalan Ruas Sukamulya – Lebung Galih sepanjang 600 meter oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas PUPR Lamsel yang dikerjakan oleh rekanan CV. Cakrawala Anugerah Selatan dengan nilai kontrak sebesar Rp. 695.154.046,07,- yang bersumber dari APBD Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2023.

Dari pantauan dilapangan, nampak pengerjaan cor beton sepanjang 600 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 0,15 cm telah selesai dan dipasang kayu dan batu yang ditumpuk memanjang sebagai tanda kendaraan dilarang melintas sampai 28 hari setelah selesai pengerjaan.

Pejabat Kepala Desa Pematang Baru, Muslim Idrus mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto maupun Legislatif Lampung Selatan atas terealisasinya rekonstruksi akses jalan utama masyarakat yang sudah 15 sampai 17 tahun menanti jalan yang mulus, ” Ucap Pj. Kades Muslim Idrus kepada media Tim IWO-I Lampung Selatan saat ditemui di kantor desa, Rabu (26/7/2023).

Sebagai bentuk wujud syukur serta terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, dirinya selaku Pejabat Kepala Desa Pematang Baru berencana mengadakan acara sujud syukur serta doa bersama atas visi-misinya serta impian masyarakat Desa Pematang Baru terkabul atau tercapai. Yakni Peresmian Jalan yang telah direkonstruksi dan peresmian aset inovasi desa Pematang Indah Pemancingan dan HUT Desa ke-21.

“Kita berharap Bapak Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bisa hadir pada bulan Agustus mendatang dalam rangka peresmian jalan utama yang selesai dibangun serta peresmian kolam pemancingan Pematang Indah sebagai aset inovasi desa yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2023 Sub. Kegiatan Ketahanan Pangan dan memperingati Hari Jadi Desa atau Hari Ulang Ulang Tahun Desa ke-21 tahun yang kita rangkai jadi satu. Sebagai bentuk sujud syukur atas terealisasi semua impian, ” terang Pj. Kades Muslim Idrus.

Dirinya pun menceritakan perjuangan panjang sejak dirinya dilantik menjadi Pejabat Kepala Desa Pematang Baru pada 2 Februari 2022 setelah selesai menjabat Pj. Kades Palas Pasemah ditunjuk untuk memimpin Desa Pematang Baru dengan banyak aspirasi masyarakat yang harus dilaksanakan. Mulai dari rekonstruksi akses jalan utama yang buruk, inovasi desa serta rehab kantor desa dan melakukan perubahan dalam segala bidang.

“Saya dilantik menjabat Pj. Kades Pematang Baru pada 2 Februari 2023 sampai September 2023 setelah Kades terpilih dilantik nanti. Dan aspirasi yang diamanatkan kepada saya untuk memuluskan akses jalan utama masuk desa penuh dengan perjuangan panjang dan banyak kendala. Proposal pengajuan rekonstruksi jalan, kita usulkan skala prioritas pembangunan cor beton jalan Pematang Baru pada acara Musrenbang Kecamatan Palas di Desa Tanjung Jaya pada Kamis 17 Februari 2022, “tuturnya.

Namun kendalanya setelah dijanjikan masuk tender, terhapus. Kembali dirinya mengajak masyarakat menemui bupati pada saat ada pertemuan di Desa Bali Agung, dikediamannya Bapak Nyoman Supat Widya, agar aspirasi masyarakat segera terealisasi.

“Alhamdulillah tak lama dari itu, konsultan dan pihak PU langsung mengukur dan menjanjikan akhir tahun 2022 akan segera direalisasikan dari anggaran dana darurat APBD Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022. Namun kembali gagal, dikarenakan ada bencana banjir bandang di Kecamatan Sidomulyo dan Candipuro pada Kamis 27 Oktober 2022,” imbuh Pj. Kades Muslim Idrus menceritakan kisah perjuangannya bersama masyarakat.

Lanjut, Pj. Muslim Idrus menceritakan, akibat selalu gagal mengakibatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menurun. Bentuk sindiran masyarakat beragam, mulai menanam pisang dijalan, menanam padi ditengah jalan sampai memancing ikan ditengah jalan. Hal tersebut bentuk ekspresi masyarakat dalam menyampaikan penderitaan dan sindiran terhadap pemerintah.

“Kembali kita coba mengusulkan dan berkomunikasi dengan bupati pada acara Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Kecamatan Palas. Dan diberikan informasi akan direalisasikan pada awal ramadhan Kamis 22 Maret 2023/1444 Hijriyah dan diprediksi selesai pada Idul Fitri, Jum’at 21 April 2023/1444 Hijriyah. Tetapi kembali gagal, “Ujarnya.

Masih dikatakan Pj. Kades Muslim Idrus “Alhamdulillah bulan Juli 2023 ini telah selesai direalisasikan pembangunan cor beton jalan akses utama masyarakat Desa Pematang Baru” terang Pj. Kades Muslim Idrus. Iapun berharap kedepannya mobilitas masyarakat lancar dan perekonomian pun meningkat, ” pungkasnya.

Perlu diketahui dan menjadi catatan sejarah bahwa selama memimpin sebagai Pj. Kades Pematang Baru, Muslim Idrus telah menorehkan karya yang luar biasa diantaranya :

1. Kantor Desa Pematang Baru telah di renovasi.
2. Meraih juara III mewakili Kabupaten Lampung Selatan dalam kegiatan Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Lampung pada 30 Agustus 2022.
3. Pembangunan Inovasi Desa, yaitu Kolam Pemancingan Pematang Indah.
4. Terealisasinya rekonstruksi ruas Jalan Sukamulya – Lebung Galih pada Juli 2023.
5. Pelayanan di kantor desa, lebih baik dari sebelumnya.
Pewarta : Tim IWO-I (Nurmayanti)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *