Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasionalNewsPolitik

Presiden Jokowi mengakhiri spekulasi penolakan Timnas Israel dalam pildun U-20 Indonesia

86
×

Presiden Jokowi mengakhiri spekulasi penolakan Timnas Israel dalam pildun U-20 Indonesia

Sebarkan artikel ini

Presiden Jokowi mengakhiri spekulasi penolakan Timnas Israel dalam pildun U-20 Indonesia

PORTALSUMBA.COM, JAKARTA-Seperti pemberitaan viral atas pembatalan Drawing di Bali oleh FIFA, karena Penolakan Gubernur Bali Wayan Koster tidak mengijinkan kehadiran Timnas Israel dalam Drawing yang sedianya dilaksanakan 31 Maret 2023.

BACA JUGA:TP PKK Desa Ngranget, Pengolahan Pangan Membuat Olahan Durian 2023.

Berbagai spekulasi dari pengamat, pejabat publik, ormas dan juga partai politik, bahkan penggiat sosial seperti Denny Siregar dalam Time Line yang berusaha memberi pemahaman kepada netizen akan potensi resiko jika Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia. Terakhir pernyataan dari mantan Wakil Presiden Yusuf Kala yang mendukung terselenggaranya even sepak bola U-20.

Sebelumnya Presiden Jokowi menerima kunjungan Duta Besar Palestina Presiden Joko Widodo menerima Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 24 Maret 2023. Dalam keterangannya selepas pertemuan, Dubes Palestina menyampaikan apresiasinya atas dukungan tak henti Indonesia pada perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaannya.

Berikut kutipan pernyataan Dubes Palestina usai bertemu Presiden Jokowi.

“Presiden Indonesia juga senantiasa mengikuti dari dekat semua perkembangan yang terjadi di lapangan di Palestina, dan dalam hal ini pemerintah Indonesia menolak dengan keras berbagai macam pelanggaran dan kebijakan-kebijakan yang melanggar yang dilakukan oleh Israel, dan inilah yang disampaikan oleh Presiden Indonesia pada hari ini,” ujar Dubes Palestina.

Lebih lanjut, Dubes Palestina menjelaskan bahwa pihaknya juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi tentang perkembangan terkini serta dinamika yang terjadi di Palestina. Ia juga meyakini dukungan yang konsisten tersebut tidak hanya datang dari pemerintah Indonesia, melainkan juga dari seluruh elemen bangsa.

BACA JUGA:Bentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab, Babinsa Koramil 1613-03 Katikutana Latih PBB Linmas Kecamatan Katikutana

“Kami meyakini bahwa Indonesia tidak akan pernah berubah dan kami melihat bahwa dukungan itu senantiasa konsisten baik dari sisi pemerintahan maupun seluruh elemen bangsa Indonesia. Kami sekali lagi menyampaikan salam hormat kami kepada Presiden Indonesia dan juga seluruh bangsa Indonesia atas dukungannya yang senantiasa konsisten terhadap isu Palestina,” jelasnya.

Apakah ini sebagai pertimbangan Presiden dalam keterangan yang disiarkan secara live, berikut pernyataannya.

“Pertama, ini prinsip. Prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two-state solution negara Israel dan negara Palestina Merdeka. Ini sesuai dengan konstitusi, menolak penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral, maupun forum internasional lainnya.”

“Dalam kesempatan ini juga, saya menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melalui proses bidding, melalui proses seleksi panjang. Dan, pada proses akhir ada tiga kandidat negara yaitu Brasil, Indonesia, dan Peru. Saat itu, semua pihak berjuang bekerja keras bersama-sama agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dan akhirnya, bulan Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia, karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20, penyelenggaraan event olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia.”

BACA JUGA:Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 1613-03 katikutana Usaha Ternak Ayam Broiler Bersama Masyarakat

“Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kita belum mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi. Dan, kepastian Timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U-20 baru kita ketahui pada bulan Juli 2022. Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat. Dan, dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. “Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik.

Saat ini, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20. Tapi kita, baik pemerintah maupun PSSI, masih terus berusaha agar ada solusi terbaik.

Untuk itu, saya telah mengutus Ketua Umum PSSI, Bapak Erick Thohir, untuk bertemu dengan tim FIFA, untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik. Demikian yang dapat saya sampaikan.
Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber:Suara YouTube sekretaris Presiden

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *