Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasionalNews

Sebagai Bentuk Perayaan: Warga Dusun Kayu tabu Adakan Sukarela Potong Kambing Kurban Idul adha

113
×

Sebagai Bentuk Perayaan: Warga Dusun Kayu tabu Adakan Sukarela Potong Kambing Kurban Idul adha

Sebarkan artikel ini

PORTALSUMBA.COM, KELAWI – warga Dusun kayu tabu kecamatan bakauheni lampung, memiliki tradisi saat setelah Hari Raya Idul Adha. Tradisi berkumpul suka rela membantu terlaksananya acara kurban ini dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas rezeki apa yang telah di berikan berupa nikmat dan Hidayah yang diberikan oleh Tuhan yang maha Esa, Pada kamis (29/6/2023).

Seperti biasa kurban potong sapi atau kambing yang di serahkan oleh keluarga yang akan mendoakan yang telah mendahului semasa hidupnya akan ada syukuran selamatan atau mengirim doa melalui potong Kurban melalui hewan kambing.

Setelah melakukan sembahyang idul adha di masjid, merbot atau pengurus mesjid akan mengumumkan melalui corong pengeras speaker masjid bahwa akan diadakannya pemotongan Hewan kurban dan di umum kan melalui pengeras speaker masjid

Warga setempat percaya bahwa tradisi ini dulunya merupakan kebiasaan para Wali Songo, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur saat perayaan Idul Adha.

Bukan hanya warga Dusun kayu tabu saja yang bisa melakukan potong hewan kurban Namun tentunya di beberapa daerah lainnya melakukan di Indonesia bahkan seluruh umat islam muslim di seluruh penjuru dunia melakukan dengan hal yang sama di saat hari raya lebaran idul adha.

Adapun kurban tiga ekor kambing di tunjukan untuk para almarhum dari keluarga yang sudah tiada, Alm Jasman, Alm khatimah dan Alm Tarmo, adapun jagal khusus potong kambing di percayakan kepada Ibrahim selaku tomas Dusun kayu tabu.

Makmun selaku Rt 03/04 Dusun kayu tabu saat di wawancarai oleh media Portalsumba.com, Daging kambing kurban ini akan di bagi rata ke semua warga Dusun kayu tabu yang berjumlah ada sekitar 130 kk ucapnya Makmun.

“Selanjutnya Indro irawan selaku keluarga dari Alm bapak Jasman Ibu khatimah yang memberikan kambing kurban, mengucapkan Ribuan Terima kasih untuk semua warga Dusun kayu tabu Yang sudah datang dan menyempatkan mengorbankan waktunya semoga semua ini berkah dan di ridhoi Allah SWT Amin,”Tutupnya***

Penulis//Ardiyanto

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *